Selasa, 16 Januari 2018 14:42

Sebelum dan Sesudah UAS Mahasiswa Tingkat 3

Written by  Kuati Septiani
Rate this item
(1 Vote)

Menjadi mahasiswa tingkat 3 tentu disibukan dengan tugas-tugas perkuliahan, jika dibandingkan dengan tingkat sebelumnya. Hal ini yang tengah dirasakan oleh mahasiswa angkatan 2016 STT Terpadu Nurul Fikri.

 

Meskipun telah dihadapkan dengan Ujian Akhir Semester (UAS) Ganjil Tahun Ajaran 2016/2017, mahasiswa semester 3 masih harus menyelesaikan tugas besar pada beberapa mata kuliah.

 

Mata kuliah yang mewajibkan adanya tugas besar, antara lain Administrasi System, Basis Data II, Pemrograman Berorientasi Object, dan Pemrograman Web. Mahasiswa dianggap telah menyelesaikan tugas besar ini jika selesai mengerjakan pada waktu yang telah ditentukan, berhasil mendemokan dan mempresentasikannya di depan dosen terkait.

 

Tema dari masing-masing tugas besar pun telah diumumkan sejak jauh-jauh hari, yakni sekitar 3 minggu menjelang UAS. Oleh karena itu, setiap kelompok diharapkan dapat mempersiapkannya dengan matang.

 

Berbeda dengan mata kuliah lain, presentasi tugas besar dilaksanakan sebelum UAS berlangsung, pada mata kuliah pemrograman web, presentasi tugas besar dilaksanakan setelah UAS telah usai.

 

Bapak Sirojul Munir, S.Si, M.Kom, yakni dosen yang mengampu mata kuliah pemrograman web ini, memberikan rentang waktu yang fleksibel terkait waktu presentasi tugas besar. Sistem pengambilan nilai UAS yang beliau terapkan, sama dengan Ujian Tengah Semester (UTS) semester ini. Yakni berasal dari nilai ujian tertulis dan presentasi tugas besar.

 

Pada UTS lalu, masing-masing mahasiswa ditugaskan membuat 2 buah web yang telah didaftarkan pada hosting, yakni memuat code html, css, javascript dan bootstrap. Sementara itu, pada UAS lebih bervariasi lagi, yakni ditugaskan membuat web yang telah memuat konsep dari CRUD (Create, Read, Update, Delete) dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Adapun data-data yang ada dalam web tersebut, berisikan database terkait kampus STT Nurul Fikri.

 

Tema yang ada, dipecah menjadi beberapa modul, menyesuaikan tabel yang tersedia pada database tesebut. Oleh karena itu, antar kelompok mengerjakan modul yang berbeda-beda.

 

“Saya begitu tertarik dengan mata kuliah ini. Melalui teori, praktikum, serta tugas-tugas yang diberikan, saya berharap akan lebih memahami konsep dari setiap basic yang diperlukan dalam menjadi web developer.” kata Muhammad Fajar Saputra (TI, 2016) usai melakukan presentasi.

 

Editor: Sep/Uml.

Read 1420 times