Rabu, 11 Juli 2018 16:04

ALI BABA Luncurkan Tools Artificial Intelligence yang mampu menulis naskah iklan (copy) secara otomatis

Written by  cica nurlatifah
Rate this item
(0 votes)

Siapa sih yang tak kenal dengan Ali baba ? Yaa, Ali Baba merupakan perusaan yang berbasis portal web dengan layanan penuh guna mempromosikan dan mengoordinasikan operasi bisnis-ke-bisnis antara eksportir dan importir di Cina dan luar negeri. Sejak didirikan, perusahaan yang berbasis di Hangzhou ini telah tumbuh menjadi portal e-commerce terkemuka dunia dengan nilai pasar sebesar US$231 miliar.

Sebagai portal e-commerce terbesar dunia, baru-baru ini meluncurkan tool AI(Artificial Intelligence) yang mampu menulis naskah iklan (copy) secara otomatis. Tak tanggung-tanggung, teks yang ditulis oleh program kecerdasan buatan itu jumlahnya sangat banyak, mencapai 20.000 baris per detik. Tool tersebut kabarnya sudah diterapkan di situs-situs komersil milik Alibaba, termasuk Tmall, Taobao, Mei.com, dan 1688.com. Pengiklan bisa meyelipkan tautan di laman produk milik mereka, dan menekan tombol khusus untuk melihat berbagai macam tulisan iklan tentang produk yang dihasilkan oleh tool AI.

Tema tulisan ini pun bisa dipilih sesuka hati, naskah bisa bersifat promosional, fungsional, menyenangkan, puitis, atau menyentuh hati. “Semua konten yang dihasilkan oleh AI Copywriter berasal dari model pelatihan deep learning, dibantu sejumlah besar konten berkualitas yang ditulis manusia,” ujar Christina Lu, General Manager Alibaba (cabang pemasaran Alibaba).

Meski terkesan bisa menggantikan profesi copywriter dalam menulis naskah iklan, Lu mengatakan bahwa AL masih butuh bantuan manusia, terutama untuk memilih konten mana yang paling sesuai untuk kebutuhan pengiklan, dari sekian banyak yang dihasilkan secara otomatis.

Meski rajin mengembangkan AI, pendiri Alibaba, Jack Ma meyakini bahwa AI seharusnya berperan sebagai “partner” bagi manusia, bukannya lawan yang bisa menggeser profesi tradisional.

Read 222 times Last modified on Rabu, 11 Juli 2018 16:12