Sabtu, 07 April 2018 03:00

Processor, si jenius mungil

Written by  dian purnama
Rate this item
(0 votes)

Apakah anda pengguna smartphone ? atau anda seorang karyawan yang sehari – harinya sibuk bergelut dengan computer ? pastilah anda salah satu dari sekian banyak orang yang menggunakan smartphone nya sebagai kebutuhan sehari – hari. Yah, hampir semua bidang selalu menggunakan smartphone sebagai teman bekerjanya bahkan menjadikannya sebagai pekerjaan itu sendiri.

Kemajuan tekhnologi di era modern ini memaksa manusia tidak bisa lepas dari tehnologi tersebut. Bahkan untuk memesan ojek pun harus memakai smartphone. Hal ini mendorong produsen smartphone supaya lebih mengoptimalkan dan mempercepat kinerja samartphone mengingat segala sesuatu di era modern ini harus serba cepat. Peningkatan kinerja smartpone tentu saja akan sangat membantu manusia dalam berbagai hal baik itu hiburan, pekerjaan atau hal lainnya.

Lalu apa sih yang membuat smartphone anda bisa sepintar itu? ternyata smartphone memiliki satu alat yang bisa membuatnya sepintar seperti saat ini. Layaknya manusia yang memiliki otak sebagai alat untuk berpikir, begitu juga smartphone yang memilki otak. Otak smartphone ini dinamakan Processor. Processor inilah yang membuat smartphone anda menjadi pintar sehingga bisa menjadi asisten dalam pekerjaan anda.

Lalu apa itu processor? Processor adalah sebuah alat yang terdiri dari kumpulan transistor. Pada dasarnya processor merupakan sebuah IC yang mengontrol keseluruhan berjalannya system dalam smartphone. Processor ini bertindak sebagai otak dari sebuah smartphone. Layaknya otak manusia, processor ini mengontrol seluruh aktiivitas yang dijalankan perangkat smartphone anda. Processor itu sendiri merupakan sebuah chip yang sering disebut microprocessor” yang sampai sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz. Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan processor dalam mengolah data.

Secara fungsional, processor memiliki tiga bagian penting, diantaranya :

  1. Arithmatic and Logical Unit (ALU)

Yaitu bagian processor yang berfungsi untuk melakukan semua perhitungan matematika. Selain itu ketika smartphone anda memunculkan pesan error itu juga merupakan tugas dari pada bagian ini.

  1. Control Unit (CU)

Merupakan bagian yang melakukan control terhadap system pada lalu lintas data seperti input dan output.

  1. Memory unit (MU)

Alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses sangat cepat. Berfungsi sebagai penyimpanan sementara data yang sedang atau telah di proses.

Prosessor inilah yang membuat smartphone anda menjadi sangat pintar. Sehingga bisa dipergunakan untuk segala jenis kebutuhan anda. Sampai saat ini kecerdasan dan kecepatan prosessor sangat diperlukan dan terus dikembangkan. Tercatat prosessor smartphone paling cepat saat ini mencapai kecepatan 4 GHz (Giga Hertz) artinya dapat membaca dan memproses 4000 miliar perintah dalam sekali pengerjaannya. Merupakan angka yang sangat fantastis jika dibayangkan, tapi hal ini masih dirasa kurang dan masih akan terus dikembangkan untuk tekhnologi masa depan yang lebih canggih

Read 525 times