Kamis, 01 Februari 2018 03:49

Celah Keamanan di Game Keluaran Blizzard Ancam 500 juta Pemain Game

Written by  Habib Mahasiswa STTNF
Rate this item
(0 votes)

Blizzard Entertainment, divisi Vivendi Games, adalah pengembang dan penerbit game komputer Amerika Serikat yang markasnya terletak di Irvine, California kini mendapati masalah baru. Berhubung hampir semua game yang rilis di pasaraan membutuhkan koneksi internet kemungkinan kemamanan bagi para pemain game semakin terancam. Dikutip dari laman Ubergizmo, Kamis (25/1/2018), peneliti di Google mendapati game kaluaran Blizzard ternyata rentan terhadap aksi peretasan. Dari data pemain game Blizzard ada sekitar 500 juta pengguna aktif setiap harinya yang rentan terhadap aksi peretasan. 

Tavis Ormandy, selaku peneliti di Google yang menemukan celah keamanan tersebut. Ia mendapati peretas bisa membajak tool Blizzard Update Agent milik pengguna dari jarak jauh. Pembajak dapat menggunakan tool tersebut untuk menginstal berbagai macam file berbahaya, mengakses jaringan, dan sebagainya.

Mungkin terlintas di benak kita, kenapa hanya game buatan Blizzard saja yang memiliki celah tersebut? Hal ini berhubungan karena untuk bermain game dari Blizzard tersebut harus membuka tool Blizzard Update Agent. Sekadar informasi, pemain harus mengakses tool tersebut via Launcher Battlle.net (semacam Launcher untuk para pemain game di PC)

GambarBattlenet

Setelah mendengar laporan tersebut langkah Blizzard selaku pengembang pun mengeluarkan patch yang bertujuan untuk mencegah celah untuk sementara waktu, walau mungkin kita tau tidak ada sebuah sistem yang benar – benar aman tapi ini merupakan langkah yang cukup baik untuk mengurangi kerugian bagi para pemain game. Semoga bermanfaat.

Source : http://tekno.liputan6.com/read/3237285/celah-keamanan-di-gim-besutan-blizzard-ancam-500-juta-gamer

Read 1038 times