Monday, 11 May 2015 00:00

Seminar Ilmiah STT NF “Membangun Inovasi dengan Riset”

Written by  Suranto Mahasiswa STT NF
Rate this item
(0 votes)

Sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, STT NF mengadakan seminar ilmiah yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM). Seminar digelar di Auditorium STT NF pada Rabu (29/4), dihadiri oleh Mahasiswa maupun Dosen STT NF. Tema yang dibahas, "Membangun Inovasi Dengan Riset".

Seminar menampilkan dua pembicara, yakni Indra Hermawan, S.Kom, M.Kom dengan materi "Merancang dan Membangun Sistem Pengenalan Wajah" dan Drs. Rusmanto, MM yang juga merupakan ketua STT NF mengulas materi "Big Data". Para pembicara menjelaskan, bahwa membangun riset yang inovatif dan kreatif akan berguna bagi kemajuan STT NF.

Sesi pertama tentang sistem pengenalan wajah yang akan dikembangkan di masa akan dating. "Pengembangan aplikasi ini dapat digunakan untuk mendeteksi wajah, sehingga dapat mempermudah kegiatan manusia, misalnya digunakan dalam rumah sakit atau kantor Kepolisian. Cara mendeteksi pasien akan lebih mudah dan cepat," jelas Indra Hermawan. Sebagai contoh, pada saat terjadi bencana alam, jelas sangat sulit untuk mendeteksi korban dan keluarga juga tidak mengenali jenazah yang mungkin sudah hancur, termasuk sidik jarinya yang sudah rusak. Maka, aplikasi ini dapat digunakan dengan sangat mudah dan efisien.

Selain itu, Indra optimistis: "Aplikasi ini dapat digunakan untuk kebutuhan absensi perusahaan maupun dunia pendidikan. Jadi secara otomatis, ketika pegawai/guru datang langsung terdeteksi tanpa membutuhkan waktu yang lama seperti buku presensi."

Pada sessi kedua, Drs. Rusmanto menjelaskan Big Data yang saat ini sangat dibutuhkan. "Semakin maju dan berkembangnya bangsa Indonesia, maka semakin banyak data yang diolah. Oleh karena itu dibutuhkan direktori yang besar untuk menampungnya, maka hadirlah aplikasi big data yang dapat digunakan untuk menyimpan data dengan kapasitas besar dan lebih aman dari gangguan," papar Rusmanto. Kelebihan big data, yaitu spesifikasi ukuran yang lebih besar, kecepatan dalam mencari data, dan kerahasiaaan data lebih terjamin.

"Saya berharap mahasiswa STT NF mampu mengelola aplikasi big data sehingga kebutuhan akan penyimpanan data yang banyak digunakan akan cepat teratasi," Ketua STT NF itu berharap.

Ketua LPPM STT NF, Zaki Imaduddin, menyampaikan terimakasih pada sivitas akademika yang telah hadir dalam kegiatan seminar. Semoga apa yang disampaikan pembicara dapat di pahami dan dikembangkan untuk kemajuan kampus ini sesuai kemajuan zaman dan perkembangan teknologi yang lebih canggih," ungkap Zaki.

Salah seorang mahasiswa yang menjadi peserta seminar berkomentar, bahwa acara sangat menarik dan menambah wawasan, khususnya bagi mahasiswa di bidang teknologi informasi. Sekarang menjadi tantangan bagi mahasiswa untuk mengembangkan aplikasi yang inovatif berdasarkan ilmu yang diperoleh. Mahasiswa perlu lebih banyak melakukan penelitian yang bermanfaat buat kamajuan bangsa, sehingga menimbulkan kebanggaan bagi kampus STT NF. (Suranto)

Read 1856 times