Friday, 16 June 2017 07:45

White Hat Seminar Series " Everybody Can Hack" In Collaboration with STT NF

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Sabtu, 20 Mei 2017 bulan lalu Pihak STT NF berkolaborasi dengan White Hat Seminar Series. Apa itu White Hat?? White Hat ini adalah Hacker yang bekerja untuk keperluan pengujian sistem. Ketua Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII/Lembaga Keamanan Internet Indonesia) Rudi Lumanto menyatakan saat ini banyak kasus baru yang muncul di dunia siber sehingga perlu kebijakan yang tepat untuk menanggulanginya. Karena itu, ia menyarankan pembentukan Badan Siber Nasional (BSN) perlu segera direalisasikan.

“SDM kita banyak yang handal dalam bidang IT, untuk itu perlu dikoordinasi untuk menangani berbagai permasalahan dalam siber yang sering muncul,” kata Rudi di sela-sela White Hat Seminar Series bertajuk Everybody Can Hack di Depok, Jawa Barat, Sabtu (20/5/2017).

Ia menjelaskan, ada lima aspek yang perlu diperhatikan dalam pembentukan BSN, kata Rudi yaitu kerangka hukum, struktur kelembagaan, capacity building, kerja sama internasional, dan measurement atau pengukuran.

Aspek hukum, yaitu dasar penyempurnaan terhadap Undang-undang 36/1999 tentang Telekomunikasi, UU 11/2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik, dan UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Aspek capacity building, lanjut Rudi, adalah memperhitungkan persoalan keahlian sumber daya manusia (SDM) yang berhubungan dengan edukasi.

Selanjutnya kerja sama internasional dengan memperhatikan sisi resilience alias elastisitas keamanan di samping sisi defense (pertahanan). Dan aspek measurement alias pengukuran. Di mana apa yang telah dikukuhkan kemudian dielaborasi menjadi standar untuk peningkatan skala.

Read 1136 times Last modified on Friday, 16 June 2017 08:14