Wednesday, 13 September 2017 07:15

Pengembangan Artikel dan Pengukuran Teknologi

Written by  Afifah Sausan Mahasiswi STTNF
Rate this item
(0 votes)

Perkembangan teknologi ini sekarang memiliki banyak kemajuan yang luar biasa. Banyak hal dari sektor kehidupan yang telah menggunakan keberadaan teknologi itu sendiri. Kehadirannya telah memberi dampak yang cukup besar pada kehidupan manusia dalam berbagai Aspek dan Dimensi.

Begitulah halnya dengan teknologi komunikasi yaitu Hardware dalam struktur organisasi yang mengandung nilai sosial yang memungkinkan individu mengumpulkan, memproses dan bertukar informasi (menurut Rogers, 1986). Keadaan, dimana sebuah teknologi mampu mengubah sesuatu yang belum tentu bisa dijadikan kenyataan. Misalnya, jika orang pertama tidak bisa berbicara dengan orang lain yang berada di tempat yang jauh, maka setelah hadirnya telepon orang bisa bicara tanpa batas waktu dan jarak.

Dari sini, dengan ditemukannya berbagai perangkat sederhana, mulai dari ponsel berbasis analog, dikembangkan sehingga berkembang, kemudian hadirnya beragam perangkat elektronik lainnya. Sampai teknologi ini saling berintegrasi. Teknologi komunikasi yang ada adalah jawaban dari waktu. Hal ini terjadi karena majunya peradaban manusia maka teknologi akan terus mengalami perkembangan untuk menyelaraskan pola perkembangan zaman umat manusia itu sendiri.

1. Gagasan Teknologi Komunikasi dan Teknologi Informasi

Menurut Rogers, Teknologi 1986 adalah Hardware dalam struktur organisasi yang berisi nilai sosial yang memungkinkan individu mengumpulkan, memproses dan bertukar informasi (dalam kutipan dari materi perkuliahan pengembangan teknologi komunikasi, Jamroji s. Sos: hal.1). Dapat dikatakan bahwa teknologi komunikasi adalah penemuan baru dalam aspek kehidupan dimana masing-masing individu dapat menggunakan, mengakses, dan memberikan semua informasi tersebut kepada orang lain secara universal. Sedangkan menurut Ely, 1982 adalah Teknologi Informasi, yaitu termasuk sistem komunikasi seperti siaran langsung satelit, kabel dua arah interaktif, penyiaran pada penyiaran daya bertenaga rendah, komputer (termasuk komputer genggam pribadi dan komputer baru) , dan televisi (termasuk disk video dan tape kaset video), (dikutip dari teknologi komunikasi dalam perspektif Background & development, Zulkarimein Nasution 1989: 5). Antara teknologi komunikasi dengan teknologi informasi itu sendiri sebenarnya terjalin, tetapi tetap ada sisi yang membedakan keduanya.

2. Pengembangan Teknologi Komunikasi

Pada saat ini kebutuhan akan teknologi, informasi dan teknologi telekomunikasi sangat tinggi dari mulai menengah ke bawah dan menengah ke atas. Semua individu sangat membutuhkan teknologi untuk mempercepat pengembangan atau memperbaiki pembangunan individu dan kelompok. Perkembangan teknologi yang saat ini sangat cepat adalah teknologi komunikasi, yang menghadirkan pilihan bentuk teknologi dan kecanggihan.

Perkembangan komunikasi itu sendiri sebenarnya sejalan dengan kehidupan dan eksistensi umat manusia itu sendiri. Ada empat titik penentu utama dalam sejarah komunikasi manusia. Menurut Nordenstreng dan Varis (1973), adalah:
1. Akuisisi (aquisition) bahasa yang bersamaan dengan kelahiran manusia.
2. Perkembangan seni menulis dengan komunikasi berdasarkan pembicaraan.
3. Reproduksi kata-kata tertulis (kata-kata tertulis) dengan menggunakan alat printer, memungkinkan realisasi komunikasi massa.
4. Munculnya komunikasi elektronik, mulai dari Telegraph, telepon, radio, televisi hingga satelit. (dikutip dari teknologi komunikasi dalam perspektif Background & development, Zulkarimein Nasution 1989: 15).

Menurut Alvin Toffler ada tiga peradaban dalam pengembangan teknologi itu sendiri yaitu, Zaman pertanian, Industri dan hari-hari terakhir Era Informasi (dikutip dari teknologi komunikasi dalam perspektif Background & development, Zulkarimein Nasution.1989: hal 2).

Sebelumnya hanya menggaruk bagian belakang, bahwa teknologi komunikasi sebenarnya sudah muncul sejak masa pra-sejarah. Dimana pada saat itu sudah bisa menggunakan bentuk komunikasi. Tapi bentuknya masih sangat sederhana. Misalnya, bentuknya membatasi pergerakan badan alat, seperti bahasa gambar, suara tulang dan sebagainya. Tapi meski begitu, sudah dianggap sebagai bentuk komunikasi yang tepat pada saat itu.

Perkembangan lebih lanjut telah sedikit maju selangkah lebih baik, misalnya dalam bentuk Komunikasi Pictograf yang digunakan oleh orang Sumeria, Hierogliph oleh Mesir Kuno.

Read 250 times