Friday, 07 April 2017 02:41

Pengenalan Open Source (OS Linux)

Written by  RNY Mahasiswi STTNF
Rate this item
(1 Vote)

Open Source merupakan suatu istilah yang tidak asing lagi dimata dan telinga para pelaksana teknologi informasi masa kini. Dimana ini digunakan untuk melakukan berbagai macam kegiatan sehari- hari dengan mengembangkan teknologi era millenium. Namun demikian, masih banyak diantara masyarakat kita yang belum mengenal dan mengetahui tentang Open Source. Tak bisa disangkal bahwa Open Source telah semakin berkembang dan maju dengan sangat pesat dari tahun ketahun. Hal ini terbukti, makin banyak kalangan yang menggunakan software ini untuk melakukan kegiatan sehari- hari. Namun diantara sekian banyak Open Source yang ada saat ini, ternyata masih ada juga Open Source yang tidak Full Freeware sehingga masyarakat harus membayar licensenya agar dapat menggunakan software tersebut.


Free Open Source software adalah suatu istilah yang digunakan untuk software yang membebaskan source kodenya dan membiarkan orang lain mengetahui cara kerja serta dapat merepair berbagai macam kelemahan-kelemahan yang ada pada software tersebut. Yang menjadi ciri khas dari Open Source Software ini adalah kita dapat memperolehnya secara gratis dengan cara mendownload di Internet tanpa harus membayar Licensenya, atau bisa juga didapatkan di lembaga-lembaga teknologi informasi resmi baik di Pemerintahan maupun Swasta seperti : LEMBAGA PUSAT TEKNOLOGI DAN INFORMASI UGM atau lebih dikenal dengan sebutan PPTIK UGM.


Manfaat open source :
• Open source membebaskan kita dari biaya lisensi karena ia bersifat GNU/GPL (General Public License) yang justru membolehkan kita untuk menggunakan, mempelajari dan memodifikasi serta menyebarluaskan untuk umum. Apalagi untuk sebuah perusahaan besar yang juga menggunakan resource besar. Penggunaan software yang terlalu banyak pasti juga akan menambah biaya/cost yang besar hanya untuk membeli software
• Dengan menggunakan open source kita dapat mengurangi tingkat pembajakan software berlisensi yang bisa merugikan vendor software dan merupakan beban moral bagi para pengguna software bajakan (crack).
• Open source yang bersifat terbuka dan dapat kita pelajari source codenya bisa kita jadikan referensi, khususnya bagi seseorang yang bergelut dengan dunia IT.


Adapun keuntungan dari penggunaan Open Source, antara lain :
1. Lisensi Gratis, sehingga tidak memerlukan biaya tambahan untuk pembelian lisensi Software.
2. Keberadaan Bug/Error dapat segera terdeteksi dan diperbaiki karena Software tersebut dikembangkan oleh banyak orang ataupun pemakai.
3. Banyaknya tenaga (SDM) untuk mengerjakan & mengembakan proyek Open Source, karena biasanya proyek Open Source menarik banyak developer.
4. Pengguna dapat langsung ikut serta dalam pengembangan Program, karena pengguna memiliki source code.
5. Software dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dari pengguna tanpa menyalahi EULA.
6. Cross Platform dan Kompatible.
7. Legal, dan tidak melanggar undang-undang hak cipta serta aman dari razia penggunaan dan pembajakan Software illegal.
Dan kekurangan dari Open Source ini, antara lain :
1. Memunculkan celah awal ketika sumbe code masih mentah dan pengembangan dasar masih dalam pembangunan.
2. Masalah yang berhubungan dengan intelektual property.
3. Kurangnya Sumber Daya Manusia yang dapat menggunakan dan memanfaatkan Open Source.
4. Tidak adanya perlindungan terhadap HAKI.
5. Perkembangan Software tergantug dari sekumpulam manusia itu sendiri.
6. Tidak ada garansi dari pengembangan, sumber code masih mentah dan pengembangan dasar masih dalam pembangunan.
7. Kesulitan dalam mengetahui status project : Tidak banyak iklan bagi Open Source Software, biasanya beberapa project secara tidak langsung ditangani oleh perusahaan yang mampu berinvestasi dan melakukan merketing.

OS LINUX
OS LINUX ( Operating System LINUX ) merupakan salah satu program Open Source yang bisa didapatkan secara gratis di Internet dengan cara mendownload. OS LINUX adalah salah satu Operating System yang ada di muka bumi ini selain WINDOWS dan OS MAX.
OS LINUX merupakan OS yang tahan banting dan bukan pecundang ataupun kacangan, dimana semuanya sudah dirancang sedemikian rupa oleh para penggemarnya sehingga akan dapat memaksimalkan kinerjanya. LINUX merupakan Operating System yang tidak mengenal VIRUS atau berbagai program semacamnya yang dapat merugikan orang lain dengan merusak data usernya. Beda halnya dengan Windows yang dapat dengan mudah ditembus oleh virus sehingga harus menggunakan Anti Virus yang selalu di Update agar dapat menjaga dirinya.
LINUX senantiasa hidup mandiri tanpa adanya ketergantungan dengan Anti Virus apapun sehingga kinerja LINUX cukup cepat karena Operating Systemnya tidak dibebani dengan berbagai macam program berat yang dapat memperlambat kinerjanya.

Dengan penjelasan diatas maka tidak salah lagi jika kita menaruh harapan yang sangat besar pada Open Source Software sebagai platform alternatif yang bisa kita fungsikan pada semua komputer kita. Penggunaan Open Source di Indonesia juga akan dapat meminimalisir pemakaian software berlicense secara ilegal sehingga bangsa kita ini akan dikenal sebagai negara bebas sofware bajakan yaitu dengan ikut serta mengembangkan Open Source.

Read 462 times Last modified on Monday, 10 April 2017 05:58