Wednesday, 29 March 2017 02:13

Distro Linux Terbaik Untuk Para Programmer

Written by  Aufa Billah Mahasiswa STTNF
Rate this item
(0 votes)

Seorang programmer memerlukan platform yang baik untuk mengerjakan project project mereka. Salah satu platform yang terbaik bagi para programmer ialah GNU/Linux. GNU/Linux sendiri merupakan sistem operasi yang open source yang dapat diterima di berbagai kalangan, namun permasalahnya sangat banyak distribusi linux. Khususnya bagi para programmer masih bimbang dalam menentukan distro linux yang akan digunakan. Ada beberapa distro yang terbaik bagi para programmer, kita akan lihat dan bahas satu per satu.
1. UBUNTU
Ubuntu memberikan 3 alasan tersendiri bagi para programmer mengapa harus menggunakan Ubuntu. Pertama Ubuntu telah berkembang sejak lama dan sudah menjadi distro linux yang populer, dan Ubuntu mendapatkan dukungan yang maksimal dari berbagai vendor. Kedua Ubuntu memberikan dukungan selama 5 Tahun kedepan atau istilahnya LTS (Long Term Support), ubuntu akan memfasilitasi stabilitas selama masa LTS, sehingga Ubuntu dapat diandalkan dan memberikan konsistensi yang baik. Ketiga Ubuntu memiliki desktop environtment yang sangat nyaman yaitu Unity. Unity memiliki antarmuka yang sederhana serta unity memiliki dashbord yang sangat mudah dijangkau dan diakses.
2. OPENSUSE
OPENSUSE adalah salah satu distro yang paling canggih dan memiliki komunitas yang besar dan kuat, serta memiliki komunitas yang profesional. OPENSUSE sangat cocok bagi seorang programmer atau developer karena stabilitas dan repositori yang besar terpelihara sangat baik. Bahkan banyak perusahaan menggunakan OPENSUSE sebagai server mereka.
3. FEDORA
Linux torvalds sendiri menggunakan Fedora. Apakah butuh alasan yang lain? Fedora adalah sistem operasi yang ringan, dan ini merupakan hal yang sangat cocok dan nyaman bagi para programmer. Alasan utama menggunakan Fedora karena ada hal yang lebih dari sekedar packet manager atau desktop environtment yaitu Fedora Orthodox Advocate Open Source, jadi semua yang ada didalam sistem operasi Fedora adalah open source sehingga tidak ada proprietary software. Jika anda seorang penggemar open source, fedora sangat cocok bagi anda untuk menjadikan Fedora sebagai sistem operasi untuk programming.
4. Arch Linux
Arch Linux adalah salah satu sistem operasi yang mengutamakan kesabaran dalam menset-upnya, tapi itu bukan menjadi masalah. Arch Linux hanya membawa kernel dan packet manager saja bahkan tidak ada grafis. Ada harus membangun dari awal seluruh seluruh komponen yang anda dan mengatur setting sendiri. Ini bisa menjadi bahan pembelajaran bagi para programmer bagaimana caranya mengelola suatu sistem operasi dari awal. Arch Linux dikenal karena Repository yang selalu update walaupun harus mensetting sendiri. Kemudian kelebihan dari Arch Linux adalah info debugging dan instruksi yang selalu didokumentasikan, jadi setiap masalah yang didapatkan akan mudah diperbaiki dengan petunjuk yang sudah ada. Mungkin para programmer pemula masih kesulitan dalam menggunakan Arch Linux, tapi ini akan sangat berguna nantinya bagaimana membangun suatu aplikasi dari awal, dan di Arch Linux lah tempat yang tepat untuk mempelajarinya.

Read 451 times Last modified on Monday, 03 April 2017 07:05