Wednesday, 22 March 2017 03:10

Perbedaan User Interface Design dan User Experiece Design

Written by  Cica Nurlatifah Mahasiswi STT NF
Rate this item
(1 Vote)

UI Design dan UX Design adalah tampilan visual dalam sebuah aplikasi atau alat pemasaran digital yang dapat meningkatkan brand pada sebuah bisnis atau perusahaan. Istilah UI dan UX seringkali dianggap sama, namun sebenarnya kedua istilah tersebut memiliki konsep yang berbeda. Apakah perbedaannya? Mungkin kalian masih bingung perbedaannya.

User Experiece Design adalah Proses meningkatkan kepuasan pengguna (pengguna aplikasi, pengunjung website) dalam meningkatkan kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk. Bahasa mudahnya adalah UX Design itu proses membuat sebuah website atau aplikasi yang kamu buat menjadi mudah untuk digunakan dan tidak membingungkan ketika digunakan oleh pengguna.

Sedangkan User Interfice Design adalah Desain antarmuka untuk mesin dan perangkat lunak, seperti komputer, peralatan rumah tangga, perangkat mobile, dan perangkat elektronik lainnya, dengan fokus pada memaksimalkan pengalaman pengguna. Bahasa yang lebih mudahnya UI Design adalah bagaimana suatu website atau aplikasi yang kamu buat terlihat seperti apa, (tanggapan pengguna terhadap website atau aplikasi yang kamu buat). Orang biasa menyebutnya sebagai tampilan atau desain sebuah website.

Perbedaan UX dan UI

Banyak orang yang salah kaprah bahwa UI sama UX itu adalah suatu hal yang sama. Faktanya UX dan UI itu berbeda, namun satu sama lain saling berhubungan. Apakah perbedaannya?

Pada dasarnya, User Experience adalah tentang “memahami penggunamu”. Tujuan UX adalah mencari tahu siapa mereka, apa yang mereka capai dan apa cara terbaik bagi mereka untuk melakukan “sesuatu”.

UX berkonsentrasi pada bagaimana sebuah produk itu dapat bermanfaat bagi pengguna dan pengguna merasakan maanfaat dari produk yang kita buat. Sama halnya UX lebih fokus kepada hal-hal yang bersifat fungsionalitas, memudahkan pengalaman pengguna dalam menggunakan setiap komponen yang ada pada website.

Sedangkan User Interface adalah bagaimana suatu website atau aplikasi yang kamu buat terlihat menarik sehingga pengguna tertarik untuk menggunakan website atau aplikasi yang kamu buat dan dapat menggunakannya dengan mudah (tampilan yang menarik). Seperti halnya keindahan tampilan, pemilihan warna yang baik, komposisi warna yang pas, dan hal-hal lain yang membuat tampilan menjadi enak dipandang mata.

Jadi kamu sudah tahu kan? Perbedaan nya.

So, jangan salah pemahaman lagi tentang UI dan UX.

See you next time !

Read 415 times